Langsung ke konten utama

Cara port TWRP untuk Android ber Chipset Qualcomm

Assalamulaikum Wr.Wb, Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ini hehehe. Disini saya akan menuliskan sebuah artikel tentang bagaimana cara mem Port TWRP untuk Android yang tidak terdaftar mendapat TWRP dari situs resmi TWRP [dot] me. Simak cara-caranya berikut ini.
  1. Siapkan PC atau Laptop.
  2. Cari Hp android yang mempunyai spesifikasi yang hampir mirip dengan Ponsel android anda.
  3. Untuk kemudahan, silahkan memasukkan kata “ gsmarena “ pada search engine anda (Misal google,Opera,IE).
    GSM Arena
    GSM Arena
  4. Klik tulisan yang berada di kotak warna biru (Compare).
  5. Setelah itu akan diarahkan ke web “ gsmarena “.
  6. Disitu akan terlihat 3 isian untuk bandingkan (di Compare).
    Compare
    Compare
  7. Isikan dengan nama HP android ( nama HP agan dan nama HP yang sudah memiliki TWRP resmi).
  8. Disini sebagai contoh, saya menggunakan HP ZTE BLADE A711/X9 dan HP Xiaomi MI4I.
    Blade X9 dan MI4I
    Blade X9 dan MI4I
  9. Perlu diketahui bahwa ZTE BLADE A711/X9 tidak mendapatkan versi TWRP resmi dari situs TWRP [dot] me, maka dari itu harus mem Port sendiri.
  10. Kemudian cek kesamaan antara 2 hp. Kesamaan meliputi faktor OS, Chipset, CPU, dan GPU.
    OS, Chipset, CPU, dan GPU
    OS, Chipset, CPU, dan GPU
  11. Jika sudah benar-benar yakin maka lanjutkan untuk mendownload file-file yang dibutuhkan, antara lain Recovery.img original HP Stock dan TWRP.img dari HP lain yang sudah mempunyai TWRP
  12. Untuk recovery.img stock dapat diambil dari hh sendiri atau download rom hp stock, kemudian ambil file “ recovery.img “. Untuk TWRP yang akan diporting dapat mendownload di web “ TWRP [ dot ] me.
  13. Setelah file recovery.img dan twrp.img sudah  ada, maka selanjutnya yang dibutuhkan adalah software untuk mengekstrak file berekstensi [ dot ]. Link download ada di bawah.
  14.  Setelah mendownload, silahkan membuat 2 buah folder. Folder pertama bernama STOCK RECOVERY dan folder bernama CUSTOM RECOVERY
  15. Paste-kan “ recovery.img “ bawaan hp ke folder stock recovery, paste juga file “ twrp.img “ ke folder custom recovery.
  16. Kemudian download file untuk unpack dan repack recovery.img disini.
    Android.Image.Kitchen.v2.4-Win32.zip
    Android.Image.Kitchen.v2.4-Win32.zip
  17. Kemudian extrack Android.Image.Kitchen.v2.4-Win32.zip  kemudian pastekan ke folder STOCK RECOVERY dan CUSTOM RECOVERY semuanya, antara lain cleanup [dot] bat, repacking [dot] bat, unpacking [dot] bat.sehingga akan seperti gambar dibawah ini.
    Hasil Copy
    Hasil Copy
  18. Setelah itu, drag file recovery.img dan arahkan ke “ unpack “, begitu juga dengan file twrp. sehingga akan muncul dialog “ cmd “ yang menandakan berjalannya proses “ unpacking “ recovery file.
    CMD
    CMD
  19. Setelah proses " unpack "berakhir, tekan sembarang tombol keyboard untuk melanjutkan.
  20. Akan muncul beberapa folder baru. 
    folder baru
    folder baru
  21. Buka folder “ split_img “ dikedua foder (Stock dan Custom) Copy file “ recovery.img-dtb “ dan “recovery.img-zImage “ dari STOCK ke CUSTOM. Jika ada peringatan, centang“ Do this for next 1 conflicts “ klik “ Copy and Replace “ .
    Copy and Replace
    Copy and Replace
  22. Kembali ke folder CUSTOM RECOVERY dan klik 2 kali pada “ repackimg “. Wait.....
    Sukses
    Sukses
  23. Setelah selesai ,tekan sembarang tombol, akan muncul sebuah file baru dengan nama “ image-new “ ber-ekstensi [dot] img.
    Image-new
    Image-new
  24. Proses port TWRP sudah berhasil, instal dengan menggunakan tool sepeerti Flashify atau Rashr atau fastbot mode.
  25. Sekian terimaksih. jika kurang jelas dapat melihat video tutorial berikut ini. link disini.

Komentar

  1. porting twrp sperti diatasa butuh wktu berapa jam mas admin?

    BalasHapus
  2. di andromax A V11. bisa engga sob

    BalasHapus
  3. Ichsan@ coba dulu bang, ini ane nyoba di zte blade a711
    Farich@ 30 menit.an bang

    BalasHapus
  4. maag file dtb nya gak ada gimana yah ada nya imgzl itu aja

    BalasHapus
  5. Apakah TWRP bisa ditambahkan bahasa lainnya?

    Saya sudah ekstrak file .img, lalu saya ambil file en.xml untuk di terjemahkan ke bahasa Indonesia id.xml. Kemudian saya masukan file yang sudah di terjemah tadi. Tapi setelah di ubah ke file .img lagi, kenapa file id.xml nya tidak ikut ke repack ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menambah Library pada Eagle

Cara Menambah Library pada Eagle Pada tutorial kali ini, akan saya berikan tutorial bagaimana cara menambahkan library pada Eagle. File library default pada eagle sudah lumayan lengkap, namu terkadang ada kalanya kita membutuhkan beberapa library tambahan seperti beberapa versi Arduino maupun device baru lainnya. Berikut tutorial cara menambahkan library pada Eagle. Download file library yang dibutuhkan. Dapat didownload di website resminya, disini . Disini Kemudian akan muncul pop-up, simpan di tempat yang mudah diingat, misal di kantong atau disaku... hehehe. Maksudnya Simpan di drive yang mudah diingat, misalnya drive “ D ”. Drive " D " Setelah tersimpan silahkan copy file library yang baru di download ke tempat directory file Eagle, biasanya Di drive “ C\\ Eagle(versi Eagle)\lbr ”. C\\ Eagle(versi Eagle)\lbr Setelah ter-copy silahkan buka Eagle.  Eagle Silahkan mengecek dengan cara klik “ Libraries “ drag kebawah. Libraries Jika sudah ada,

Mengatasi error 70 saat instalasi GApps

Mengatasi error 70 saat instalasi Gapps Error 70 saat instalasi GApps Gapps merupakan aplikasi wajib bagi beberapa orang, dikarenakan beberapa data penting mereka simpan di dalam akun googlenya. Biasanya setiap Smartphone sudah menyisipkan layanan google, namun untuk beberapa Smartphone yang sudah diisi dengan custom rom biasanya meninggalkan layanan google. Sebagai alternatif biasanya mereka menginstal layanan google lewat custom recovery seperti TWRP atau CWM . Permasalahan pada saat instalasi yang penulis alamai adalah ketika instal Gapps versi yang paling kecil yaitu PICO yaitu terjadi error 70. Setelah mencari pengertian error 70 disini, maka solusi yang dapat diambil adalah: Instal dulu supersu.zip , bisa didownload diwebsite resminya , disini Download Gapps versi PICO diwebsite resminya  sesuaikan versi OS dan versi arsitekstur , disini Download system app remover.apk [search di google] Download diskinfo.aak [search di google] Setelah semua terdownload, masuk

Cara Mengatasi Error 7 di Custom Recovery

Cara Mengatasi Error 7 di Custom Recovery Android Error 7 Error 7 pada Custom recovery  Android  merupakan sebuah peringatan yang diberikan oleh custom recovery dikarenakan ada kesalahan dalam proses penginstalan file(Biasanya file [dot] zip). Error ini muncul karena perbedaan dalam proses pembacaan data antara file BUIL.PROP pada Hp android  dengan informasi pada script updater pada file [dot] zip. Lihat gambar dibawah ini Untuk mengatasi hal ini, dapat melakukan cara-cara dibawah ini. Simak tutorialnya berikut ini...!! Syarat Sudah terinstal WinRar pada Pc Sudah terinstal NotePad++  Langkah-langkah Pastikan file [dot] zip yang akan diinstal via custom recovery adalah benar-benar untuk android anda. Misal Custom rom untuk Xiaomi Redmi 2 Prime. Buka Rom-nya (klik 2 kali pada Rom). Rekomendasi memakai winRar. Akan tampil jendela seperti dibawah ini. Buka Cari file bernama   “ updater-script “, lihat gambar dibawah ini. updater-script Untuk letak